Pemdes Sendangsari Gelar Kegiatan Pra Musrenbangdes Rembuk Stunting


Dalam upaya pencegahan stunting, Pemerintah desa Sendangsari, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo menggelar kegiatan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) Rembuk Stunting, pada Selasa (27/06/2023). Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Puskemas Garung, Babinsa, Kader Pembangunan Manusia (KPM), Tokoh Masyarakat, Kader Posyandu, Bidan Desa, TP PKK Desa dan didampingi oleh , Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan ibu hamil.

Rembug stunting berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader desa, masyarakat Desa dengan pemerintah Desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa.

dr. Lilis Handayani Ujiati selaku Kepala Puskesmas Garung mengatakan Lima langkah intervensi layanan pencegahan stunting adalah konsultasi Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), konseling gizi terpadu, sarana air bersih dan sanitasi, perlindungan sosial, dan Pendidikan Anak usia Dini (PAUD). 

Kepala Desa Sendangsari, Ahmad Suwondo pada kesempatan itu mengatakan, Rembuk stunting ini berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat Desa dengan pemerintah Desa dan BPD untuk membahas pencegahan dan penanganan stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa. Dengan adanya usulan untuk pencegahan dan penanganan stunting ini akan diusulkan kembali pada musdes 2023 untuk program APBDes tahun 2024mendatang. Semoga dengan adanya peran serta dari berbagai unsur pemerintahan angka stunting khususnya di Desa Sendangsari dapat berkurang dan dapat diatasi.

 


KOMENTAR

Daftar Komentar

Total Dibaca

Contact Details

Telephone: 082133643310
Email:  desawisatasendangsari@gmail.com
Website: https://sendangsari-garung.wonosobokab.go.id

Jl. Kayugiang Rt 02 Rw 01 Sendangsari (56353)